Kamis, 23 Juli 2015

Teknik Memilih Mesin cuci yang bagus

 Cara Memilih Mesin Cuci

Jika sebelumnya kita membahas mengenai mesin bubut dan mesin kemasan, maka pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai mesin cuci dan bagaimana memilih mesin cuci yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan anda.

Jika anda belum memiliki mesin cuci sama sekali, maka tips memilih mesin cuci ini sangat penting untuk anda baca sehingga anda terhindar dari kesalahan memilih mesin cuci

Berdasarkan cara kerjanya mesin cuci dibagi menjadi 2 jenis, yaitu mesin cuci yang menggunakan 1 tabung (mesin cuci otomatis) dan mesin cuci twin tube atau mesin cuci yang menggunakan 2 tabung (mesin cuci manual). Sedangkan mesin cuci yang menggunakan satu tabung sendiri dimiliki pada mesin cuci dengan pintu atas (top loading) dan mesin cuci dengan pintu depan (front loading).

Dua tabung pada mesin cuci manual memiliki fungsi berbeda yaitu satu tabung digunakan untuk mencuci dan membilas pakaian dan tabung lainnya digunakan untk memeras pakaian setelah selesai dicuci dan dibilas. Dan berikut ini kelebihan dan kekurangan masing-masing jenis mesin cuci tersebut.

Baca juga: Tips Membeli Mesin Kemasan

Mesin Cuci Dua Tabung

Kelebihan:
 
• Harga lebih murah daripada mesin cuci satu tabung
• Konsumsi listrik mesin cuci dua tabung lebih hemat daripada mesin cuci satu tabung
• Lebih tahan banting alias lebih tahan lama daripada mesin cuci satu tabung
• Bisa beroperasi dengan saluran air yang paling biasa sekalipun (tidak harus deras)
• Bisa melakukan perendaman dan pencucian pendahuluan pada bagian-bagian pakaian yang kotor sekali seperti bagian leher, ketiak, ujung kaki celana dan bagian-bagian lainnya baru yang lainnya serahkan pada mesin cuci
• Perawatan lebih mudah dan harga sparepartnya lebih murah dibanding mesin cuci otomatis

Kekurangan:
• Cara pengoperasiaannya masih manual, yaitu masih menggunakan tombol putar mulai dari memutar tombol untuk mencuci, mengeringkan dan membuang air
• Masih memerlukan campur tangan manusia untuk memindahkan pakaian dari satu tabung ke tabung lainnya setelah pakaian dicuci.
• Konsumsi air lebih banyak
• Karena proses pencucian dan pembilasan terjadi dengan memusarkan cucian didalam air, pada pakaian dengan bahan tertentu bisa berubah bentuk atau menjadi lebih lebar atau kancing baju terlepas.
• Karena proses pencucian dan pembilasan terjadi dengan memusarkan cucian didalam air, pada pakaian dengan bahan tertentu bisa berubah bentuk atau menjadi lebih lebar atau kancing baju terlepas.
• Kemampuan mengeringkan kurang lebih hanya 70% saja .



Mesin Cuci Satu Tabung

Kelebihan:
• Sangat praktis karena secara umum seluruh proses pencucian diatur secara otomatis oleh mesin cuci sehingga tidak lagi kecuali saat menjemur
• Pengeringan mencapai 80-90% .

Kekurangan:
• Harga relatif lebih mahal dibandingkan mesin cuci dua tabung
• Dapat membingungkan bagi yang belum terbiasa dikarenakan banyaknya tombol untuk mensetting saat ingin mengoperasikan mesin cuci tersebut
• Membutuhkan konsumsi listrik yang lebih besar daripada mesin cuci dua tabung
• Memiliki resiko kemungkinan rusak lebih cepat jika ada kesalahan dalam penggunaan

Sedangkan untuk kelebihan dan kekurangan antara mesin cuci top loading (pintu atas) dan mesin cuci front loading (pintu depan) adalah sebagai berikut :


Mesin Cuci Top Loading

Kelebihan :
• Harga lebih murah jika dibandingkan dengan jenis front loading
• Memiliki tabung lebih besar dari pada jenis front loading sehingga muat lebih banyak
• Bisa melakukan perendaman dan pencucian pendahuluan pada bagian-bagian pakaian yang kotor sekali seperti bagian leher, ketiak, ujung kaki celana dan bagian-bagian lainnya baru yang lainnya serahkan pada mesin cuci
• Karena proses pencucian dan pembilasan terjadi dengan memusarkan cucian didalam air, pada pakaian dengan bahan tertentu bisa berubah bentuk atau menjadi lebih lebar atau kancing baju terlepas.

Kekurangan :
• Memerlukan lebih banyak air dibandingkan dengan jenis front loading
• Membutuhkan konsumsi listrik lebih dibandingkan dengan jenis front loading
• Perlu memilih jenis pakaian yang akan dicuci karena mesin ini menggunakan pulsator yang memungkinkan pakaian dengan bahan rapuh akan mudah rusak
• Karena proses pencucian dan pembilasan terjadi dengan memusarkan cucian didalam air, pada pakaian dengan bahan tertentu bisa berubah bentuk atau menjadi lebih lebar atau kancing baju terlepas.
• Kemampuan mengeringkan hanya 80-85%


Mesin Cuci Front Loading

Kelebihan :
• Efek cucinya lebih lebih bersih dibanding jenis lainnya karena cara kerja mesin ini adalah dengan berputar secara vertikal dan seolah-olah seperti membanting-banting pakaian.
• Konsumsi listrik maupun air lebih hemat dibanding jenis top loading
• Resiko kerusakan pada pakaian paling minim karena proses kerjanya tidak menggunakan pulsator dan putarannya tidaklah terlalu cepat
• Beberapa jenis ini ada yang dilengkapi dengan fitur hot wash, yaitu mencuci dengan air panas
• Kemampuan mengeringkan 85-90%

Kekurangan :
• Harga lebih mahal dibanding jenis top loading.
• Mesin ini membutuhkan aliran suplai air yang berarus deras
• Apabila proses pencucian sudah dimulai tidak bisa menambahkan cucian karena pintu mesin cuci tidak dapat dibuka
• Saat mati lampu cucian terkunci didalam dan harus menunggu hingga listrik menyala kembali
• Pada waktu memasukkan dan mengeluarkan cucian harus dengan membungkuk.

Selain mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing jenis mesin cuci di atas, Anda perlu juga mempertimbangkan kapasitas mesin cuci yang sesuai dengan kebutuhan Anda serta ketersediaan dana yang ada.

Jika Anda membeli mesin cuci untuk membuka usaha laundry maka Anda harus mempertimbangkan kualitas merk dan daya tahan mesin cuci tersebut karena pemakaian mesin cuci yang akan terus berkesinambungan. Sebelum Anda deal dengan mesin cuci pilihan Anda cek masa garansi, cakupan garansi, apakah mencakup semua komponen atau bagian tertentu saja serta ada tidaknya service center resmi yang ada di daerah Anda.

Senin, 13 Juli 2015

Jenis Jenis Mesin Kemasan yang banyak diminati

Jenis Jenis Mesin Kemasan




Mesin Kemasan - Dalam sebuah industri baik industri skala besar maupun industri kecil atau industri rumah tangga, kemasan memegang peranan penting untuk menarik pembeli atau konsumen. 

Kemasan yang baik adalah kemasan yang dapat menarik perhatian mata seseorang untuk melihat produk yang dikemas tersebut diantara produk-produk lain disekelilingnya. Dengan kemasan yang bagus diharapkan omzet penjualan akan meningkat tajam. Oleh karenanya, dibutuhkan mesin kemasan yang berkualitas untuk mendapatkan kemasan yang bagus dan menarik

Dari sistem pengemasan sebuah produk ada tiga cara yang dilakukan wirausahawan dalam mengemas produk yang dihasilkan, diantaranya adalah dengan cara manual atau dengan tangan tanpa bantuan mesin pengemas. 

Kedua adalah cara semi mekanik atau dengan tangan namun masih menggunakan bantuan alat tertentu. Dan ketiga adalah cara mekanik yaitu pengemasan dengan menggunakan mesin pengemas.atau mesin kemas.

Ada beberapa jenis mesin pengemas diantaranya adalah :

 

Mesin Pengemas Plastik (Plastic Film Sealer)

Alat Mesin Pengemas Plastik (Plastic Film Sealer) adalah alat pengemas kemasan plastik untuk merekatkan kemasan aneka macam makanan ringan dengan pengoperasiannya menggunkan tangan ( hand sealer ) maupun kaki ( pedal sealer ).

Mesin Pengemas Sachet (Sachet Sealer )

Mesin Pengemas Sachet digunakan untuk mengemas produk makanan, obat-obatan dll dalam bentu sachet

Mesin Pengemas Vakuum(Vacuum Sealer )

Mesin Pengemas Vakumm digunakan untuk mengemas makanan yang menyedot/ menghisap udara dalam kemasan plastik sehingga dapat menekan pertumbuhan bakteri penyebab pembusukan pada makanan. 

Mesin Pengemas Minuman (Cup Sealer)

Mesin Pengemas minuman digunakan untuk menutup gelas plastik dengan menggunakan system pemanasan pada produk minuman berbentuk cairan atau gel.

Jumat, 03 Juli 2015

Tips Membeli Mesin Kemasan

 Memilih Mesin Kemasan berkualitas


Pengemasan produk atau packing produk sangatlah penting untuk produk. pengemasan produk yang rapi dan menarik akan membuat banyak orang untuk tertarik sehingga produk kita  diminati oleh banyak konsumen. Karena ini sangat penting, maka memiliki mesin kemasan yang bagus adalah keharusan bagi usaha anda


Pengemasan produk juga berperan penting dalam proses penjualan produk. Bisa dibayangkan jika tampilan produk kita biasa saja (tidak menarik) tidak rapat sehingga membuat produk didalamnya rusak, atau mungkin kemasan produk kita tidak higenis.

Permasalahan itu seharusnya diatasi segera. Pemlihan mesin packing yang tepat untuk produk anda sangatlah penting.  Agar anda mendapatkan mesin yang berkualitas, anda bisa melihatnya di salah satu website yang menyediakan berbagai jenis mesin kemasan, yakni http://tokomesinkemasan.com. Disana anda akan mendapatkan berbagai informasi terkait dengan mesin kemasan yang anda cari selama ini. Silahkan kunjungi langsung.

Mesin Kemasan Filling Cairan


  1. Untuk Produk Filling Cairan atau pengisian cairan anda dapat menggunkan mesin khusus produk import dari kami
  2. Mesin Filling Botol Syrup, Botol Obat,
  3. Mesin Filling Khusus Kemasan Rentengan
  4. Mesin ini khusus sebgai mesin pengemasan untuk produk rentengan
  5. Mesin Packing Liquid Sachet
  6. Mesin Sealer
  7. Mesin sealer adalah mesin yang berfungsi sebagai packing kemasan plastik atau almunium Foil, kami juga mempunyai aneka mesin sealer lain seperti mesin cup sealer yang bekerja khusus sebgai packing kemasan cup / gelas.
  8. Mesin Pedal Sealer

Mesin Cup Sealer
Mesin ini difungsikan sebagai mesin packing kemasan cup / gelas
Cup Sealer Full Auto

Mesin Filling Kapsul
Mesin ini difungsikan khusus sebgai fillin produk kapsul, sangat mudah hingenis dan efisien.
Mesin FillingKapasitas 100 kapsul

Mesin Pengemasan Vakum
Mesin Pengemasan ini bekerja untuk packing produk dengan sistem pengemasan vakum atau hampa udara

Mesin Pencetak Tanggal Kadarluarsa Kemasan
Mesin ini difungsikan sebagai mesin pencetak tanggal kadarluarsa pada kemasan (expired date)


Mesin Wrapping
Mesin ini difungsikan sebagai mesin wrapping plastik produk atau barang
Mesin Wrapping