Selasa, 12 Mei 2015

Jenis Jenis Mesin Bubut

Jenis Mesin Bubut

Pada kesempatan ini kami akan memberikan informasi terkait dengan Jenis Jenis Mesin Bubut. Pengetahun tentang jenis mesin bubut ini sangat penting karena berguna ketika anda ingin membeli mesin bubut. Mesin lain yang perlu juga anda ketahui adalah mesin kemasan, karena karakteristiknya hampir sama satu sama lain.

Berikut ini adalah beberapa jenis mesin bubut yang perlu anda ketahui

 

1. Mesin Bubut Ringan

 

Gambar: Mesin Bubut Ringat
Mesin Bubut ringat ini biasanya digunakan untuk latihan dan mengerjakan pekerjaan pekerjaan ringan. Bentuk dari mesin bubut ini sangat kecil dan tergolong sederhana.

Mesin Bubut ini digunakan untuk mengerjakan benda kerja yang relatif kecil dan detail. Mesin Bubut Ringat ini juga dibagi menjadi beberapa jenis, diantaranya: Mesin Bubut Bangku dan Mesin Bubut Lantai. Bagi anda yang belum pernah melihat mesin bubut ringat ini, mungkin gambar dibawah ini bermanfaat


2. Mesin Bubut Sedang



Gambar: Mesin Bubut Sedang
Mesin Bubut Sedang ini, dari segi ukuran sedikit lebih besar dibandingkan dengan mesin bubut ringat. Dari segi fungsi, mesin bubut sedang ini memiliki fungsi fungsi yang lebih banyak dan detail.

Mesin bubut sedang ini biasanya digunakan untuk pekerjaan yang benda kerjanya memiliki variasi yang banyak dan sedikit lebih detail. Fungsi penting dari mesin bubut sedang ini adalah untuk membuat atau memperbaiki perkakas secara produksi


3. Mesin Bubut Standar


Dibandingkan dengan mesin bubut yang lainnya, mesin bubut jenis ini lebih berat dan lebih besar. Kemampuannya juga lebih besar dibandingkan dengan mesin bubut ringat. Mesin Bubut ini merupakan standar dalam pembuatan mesin bubut yang banyak kita temukan

4. Mesin Bubut Meja Panjang


Mesin bubut meja panjang ini termasuk jenis mesin bubut industri dan sangat banyak digunakan untuk mengerjakan pekerjaan pekerjaan panjang serta besar.

Jika anda pernah bekerja di industri, maka jenis mesin bubut ini akan banyak anda temukan disana. Karena memang, dunia industri lebih banyak memproduksi barang barang dengan jumlah besar dan ukuran besar.


Baca juga: Fungsi Mesin Bubut

Jika kita melihat jenis mesin bubut dari sisi lain, maka secara prinsip dibagi menjadi:


  1. Mesin Bubut Centre Lathe. Mesin bubut dengan jenis ini dibuat untuk mengerjakan berbagai macam bentuk dan paling banyak digunakan. Cara kerjanya, benda dipegang pada bagian poros spindle dengan bantuan chuck yang memiliki rahang pada salah satu ujungnya.
  2. Mesin Bubut Sabuk. Nah, menggunakan mesin bubut jenis ini, poros spindel akan memutar benda kerja melalui piringan pembawa sehingga memutar roda gigi yang digerakan sabuk. Melalui roda gigi, putarannya akan diteruskan ke roda gigi poros ulir.
  3. Mesin Bubut Vertikal Turning anda Boring Milling. Mesin jenis ini dapat dijalankan secara otomatis. pada pembuatan benda kerja yang dibubut dari tangan, pekerjaan yang tidak bsia dikerjakan secara otomatis hanyalah pemasangan batang batnag yang baru dan menyalurkan produk-produk yang telah dikerjakan. Oleh karenanya, satu pekerjaan dapat mengawasi beberapa buah mesin otomatis dengan sangat mudah.
  4. Mesin Bubut Facing lathe. Mesin bubut ini digunakan untuk membuat benda kerja yang berbentuk piringan yang besar. Benda kerja yang dikencangkan dengan cakar cakar yang dapat di setting pada sebuah pelat penyeting yang besar, tidak terdapat kepala lepas.
  5.  Mesin Bubut Turret. Mesin bubut Turret ini memiliki ciri ciri, khususnya terhadap produksi. Keterampilan kerja pada mesin ini dubuat semudah mungkin sehingga operator yang tidak memiliki pengalamanpun bisa menggunakannya.
  6. Mesin Bubut Turret Jenis Sadel. Memiliki Turret yang dipasangkan secara langsung pada sadel yang bergerak maju mundur dengan turret mesin bubut ini. 
Itulah beberapa jenis mesin bubut yang perlu anda ketahui, jika anda ingin membeli mesin bubut, tentunya anda sudah tahu, mesin bubut jenis yang mana yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Mudah mudahan tulisan kami kali ini bermanfaat dan jangan lupa berbagai dengan teman teman yang lain. Terima Kasih

0 komentar:

Posting Komentar